Penulis, Markus, anak Maria dari Yerusalem
'Ac 12:12'
Menunjuk pada Yohanes Markus, dalam
'Ac 12:25'
Seorang kerabat Barnabas
'Col 4:10'
Bergabung dengan Paulus dan Barnabas dalam Perjalanan Misi mereka yang
Pertama
'Ac 12:25; 13:5'
Untuk sementara waktu berpisah dari Paulus
'Ac 13:13; 15:37-39'
Sesudah itu pulih kembali hubungannya dengan Paulus
'2Ti 4:11'
Tradisi kuno menyatakan bahwa Markus adalah teman pendamping Petrus.
Kitab ini disebut Injil Petrus oleh beberapa penulis kuno.
Umumnya diakui bahwa Petrus mungkin telah melengkapi, atau menyarankan
banyak bahan yang ditemukan dalam kitab ini.
Kepada Siapa Ditujukan.
Diperkirakan bahwa penulis mempunyai perhatian
terhadap orang Kristen yang berasal dari bangsa Romawi atau bangsa bukan
Yahudi dalam mempersiapkan kitab ini.
Kitab ini tidak secara khusus disesuaikan untuk pembaca dari bangsa
Yahudi. Hal ini tampak jelas dari fakta bahwa kitab ini hanya berisi sedikit
referensi ke nubuat Perjanjian Lama.
Lebih jauh lagi, penjelasan tentang kata-kata Yahudi dan adat kebiasaan menunjukkan bahwa penulisnya mempunyai pikiran sebagai orang asing/orang bukan Yahudi saat ia menulis.
Tema Utama, "Kristus, Hamba Allah dan Manusia yang Tak Kenal Lelah."
Kehidupan Yesus digambarkan sebagai orang yang dikerumuni karena kebaikan
hatiNya.
Waktu ibadahNya terganggu
'Mr 1:35-37'
Tidak ada waktu untuk makan
'Mr 3:20'
Menyerah pada panggilan yang terus menerus untuk melayani sehingga
teman-temanNya mengatakan bahwa Ia tidak waras
'Mr 3:21'
Terus menerus diikuti ketika Ia mencari kesempatan untuk istirahat
'Mr 6:31-34'
Kata Kunci, "Segera," menunjukkan tindakan yang segera, diulang di seluruh bagian kitab.
Ciri-Ciri Khusus. Kitab ini yang terpendek di antara keempat
Injil
Gaya bahasanya hidup dan memberi lukisan yang jelas. Banyak isi kitab
ini yang juga terdapat dalam Matius dan Lukas, tetapi tidak hanya merupakan
pengulangan belaka, karena banyak detail yang tidak dapat ditemukan pada
tempat yang sama.
Injil Markus, seperti juga Injil Yohanes, dibuka dengan sebuah
pernyataan tentang keilahian Yesus Kristus, tetapi tidak seperti Injil
Yohanes, Markus tidak membicarakan lebih lengkap mengenai doktrin/dogma.
Namun, studi yang seksama tentang buku ini menyatakan fakta bahwa
tujuan dari penulisnya ialah untuk membiarkan pekerjaan yang ajaib dari
Yesus memberi kesaksian akan keilahianNya, lebih dari pada pernyataan-
pernyataan dari penulisnya.
Banyak sentuhan pribadi ditemukan dalam Injil ini, seperti
"di antara binatang-binatang liar,"
'Mr 1:13'
"Ia memberi mereka nama Boanerges"
'Mr 3:17'
"Yesus sangat jengkel"
'Mr 10:14'
"Mereka cemas; dan orang-orang yang mengikuti Dia dari belakang
merasa takut"
'Mr 10:32'
"Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat"
'Mr 12:37'
"Bukankah Dia ini tukang kayu?" dll, dll
'Mr 6:3'
Meskipun menekankan pada kuasa ilahi yang dimiliki Kristus,
penulis sering menyinggung perasaanNya sebagai manusia;
kekecewaanNya
'Mr 3:5'
kelelahanNya
'Mr 4:38'
keherananNya
'Mr 6:6'
Ia menarik nafas
'Mr 7:34; 8:12'
kasih sayangNya
'Mr 10:21'
Matius melihat pada masa lalu, dan banyak berhubungan dengan nubuat
nubuat untuk kepentingan pembaca dari bangsa Yahudi, dan juga memberi
banyak tempat untuk khotbah Tuhan kita.
Markus lebih ringkas; hanya sedikit yang dikatakan mengenai nubuat;
hanya memberi laporan singkat dari khotbah/ceramah, tetapi memberi banyak
penekanan pada pekerjaan yang sangat berkuasa dari Yesus.
Sembilanbelas mujizat dicatat dalam kitab yang pendek ini yang
mendemonstrasikan kuasa supraalami dari Tuan kita
Delapan, yang membuktikan kuasaNya atas penyakit
'Mr 1:31,41; 2:3-12; 3:1-5; 5:25; 7:32; 8:23; 10:46'
Lima, yang menunjukkan kuasaNya atas alam
'Mr 4:39; 6:41,49; 8:8,9; 11:13,14'
Empat, yang mendemonstrasikan kuasa/wewenangNya atas setan-setan
'Mr 1:25; 5:1-13; 7:25-30; 9:26'
Dua, yang menunjukkan kuasaNya atas kematian
'Mr 5:42; 16:9'
Ikhtisar.
Kitab ini dapat dibagi menjadi enam bagian
Bagian 1, Peristiwa Perkenalan dan Pendahuluan yang membawa pada
Pelayanan Kristus ke Masyarakat
'Mr 1:1-13'
Dalam pasal satu Markus terjun dengan tiba-tiba ke dalam
permasalahannya, dan mencurahkan semburan kata-kata yang memberi
pendeskripsian dalam ketigabelas ayat pertama.
Ia membuka dengan pengumuman bahwa Yesus adalah Anak Allah
'Mr 1:1'
Ia kemudian tinggal pada kelima langkah persiapan untuk pekerjaanNya,
Bagian II. Pelayanan yang Mula-mula di Galilea
'Mr 1:14 - 7:23'
(Markus meniadakan seluruh pelayanan mual-mula di Yehuda, Lihat)
'Joh 2:13 - 4:2'
Bagian III. Perjalanan ke Tirus dan Sidon
'Mr 7:24-30'
Bagian IV. Pengajaran dan pekerjaan Kristus di Galilea
'Mr 7:31 - 9:50'
Bagian V. Pelayanan penutup di Perea, dan perjalanan ke arah
Yerusalem.
'Mr 10:1-52'
Bagian VI. Peristiwa Minggu-minggu Sengsara
'Mr 11:1 - 16:8'