Penulis, Rasul Yohanes.
Tempat. Kemungkinan di Pulau Patmos, sebelah barat pantai Asia Kecil,
dimana Yohanes dibuang "karena Firman Allah dan karena kesaksian tentang
Yesus Kristus."
Tanggal,tidak pasti; menurut pendapat secara tradisi sekitar 96 S.M.
Otoritas/Wewenang. Kitab ini dinyatakan sebagai penyataan/wahyu
Yesus Kristus
'Re 1:1'
Metode/Cara Penafsiran. Metodenya sangat bervariasim dan sering
fantastik. Ratusan buku telah ditulis untuk kitab ini tetapi umumnya belum
memuaskan.
Hal ini disebabkan pendapat yang sangat berbeda-beda mengenai arti dan
pengajarannya.
Ada tiga aliran yang mempunyai pendapat terhadap permasalahan ini.
Ada kemungkinan bahwa nubuat-nubuat ini berisi dua unsur yaitu, nubuat yang dekat dan yang jauh. Nubuat yang dekat khususnya mengenai peristiwa semasa hidup Yohanes, atau masa akan datang yang dekat dengan masa itu; nubuat yang jauh berisi tentang peristiwa-peristiwa di masa yang akan datang.
Ciri-Ciri Khusus.
Tema Yang Disarankan, Pertentangan/konflik moral dan spiritual dari
masa ke masa.
Tokoh Utama, Anak Domba. Pada akhirnya menjadi pemenang atas segala
kuasa jahat yang bersekutu. Anak Domba disebutkan sekitar tiga puluh kali.
Peristiwa Yang Sangat Penting. Ada banyak peristiwa dalam kitab ini,
kami menyarankan dua yang harus selalu diingat sewaktu mempelajari
penglihatan-penglihatan ini.
Ikhtisar.
Kitab ini dapat dibagi dalam suatu rangkaian penglihatan yang beberapa
diantaranya sebagian atau seluruhnya terselubung, sedangkan yang lainnya
agak jelas dalam pengajarannya. Penglihatan-penglihatan ini tidak selalu
memungkinkan untuk diketahui dimana yang satu berakhir dan dimana yang
lain berawal, tetapi untuk mudahnya mereka dipelajari di bawah nomor yang
berbeda-beda, menurut sudut pandang si pembelajar.
Pasal 1.
Penglihatan I.
Penglihatan II. Sebagian Terselubung.
Pasal 4.
1. Penglihatan tentang Allah di sorga di atas takhta, pencipta
alam semesta, menerima penyembahan dari para mahkluk dan keduapuluh
empat tua-tua.
'Re 4:1-11'
Pasal 5.
2. Dibukanya Kitab dengan Tujuh Meterai oleh Anak Domba, nyanyian
Lagu Baru, dan penyembahan semua mahkluk kepada Anak Domba.
Pasal 6.
3. Dibukanya keenam meterai, (terselubung)
'Re 6:1-17'
Ada sangat banyak penafsiran yang berbeda-beda; tidak berguna
menambahinya lagi. Satu pelajaran yang jelas,
'Re 6:9-11'
orang-orang kudus diuji dengan penundaan ilahi.
Penglihatan III. Sebagian terselubung.
Pasal 7.
Gagasan yang disarankan, Perlindungan Allah kepada umat pilihanNya.
'Re 7:1-8'
Penglihatan IV.
Pasal 7.
Jaminan yang Menghiburkan.
Penglihatan V. Sebagian terselubung.
Pasal 8.
Peristiwa yang sangat penting, pembukaan ketujuh meterai, menyebabkan
sorga sunyi senyap
'Re 8:1'
Penjelasan yang memungkinkan, ialah bahwa harpa dan suara malaikat-
malaikat pada kenyataannya masih ada, dan pada saat pembukaan meterai
yang ketujuh Kristus akan berangkat untuk misinya kedunia.
'Re 10:6'
Jika perkiraan ini benar, di sini dalam pasal 8.1, kita sudah dekat
sekali dengan sumber rencana keselamatan ilahi dan kita akan melihat
peristiwa yang dipusatkan pada kelahiran ANAK MANUSIA dalam pasal 12.
'Re 8:1 12:1'
Dalam pasal 8, ayat 3,4 gagasan yang muncul ialah bahwa doa orang-orang
kudus naik kepad Allah, untuk kedatangan kerajaan mesias.
'Re 8:3,4'
Pasal 9.
Kemudian diikuti dengan sebagian penglihatan yang terselubung, suara
keenam sangkakala dalam pasal 8 dan 9, secara jelas menyatakan hukuman
yang sudah diambang pintu
'Re 8:1 - 9:1'
Pasal 10 dan 11.
Penglihatan VI. Sebagian terselubung.
Kita dapat berkata apa-apa lagi selain peristiwa yang nampaknya bergerak
menuju ke penyelesaian/penyempurnaan yang besar. Ini ditunjukkan oleh
pemberitahuan dari malaikat yang berkuasa.
'Re 10:5-7'
tidak akan ada penundaan lagi (Terjemahan Revisi) tetapi berita baik yang
disampaikan oleh para nabi sedang digenapi.
'Re 10:1 - 11:1'
Kemungkinan segera setelah peristiwa kelahiran anak manusia dalam
pasal 12, mereka dapat menunjuk pada periode nubuat sebelum kedatangan
Kristus
Penglihatan VII.
Pasal 12 dan 13.
Peristiwa besar yang penting, kelahiran anak manusia, Kristus, dan
bersamaan dengan pernyataan kuasa Setan yang diatur untuk menghancurkan-
nya.
Pembenaran sudut pandang ini adalah bahwa selama kehidupan Kristus di dunia, kuasa-kuasa kegelapan sedang dalam kegiatan yang meluap-luap. Ingat usaha Herodes untuk melenyapkan bayi Yesus, banyak kasus orang yang kerasukan setan, dan penganiayaan karena fitnahan yang menyebabkan penyaliban Kristus.
Kami tidak berusaha memberi penafsiran rahasia ini secara rinci tetapi
menaruh perhatian pada senjata rohani yang melaluinya kemenangan dapat
dicapai
'Re 12:11'
Penglihatan VIII. Sebagian terselubung
Pasal 14. Tanpa penafsiran yang sungguh-sungguh tetap memungkinkan untuk menganggap pasal ini sebagai sebuah ringkasan nubuatan tentang datangnya pertentangan antara anak domba dan musuh-musuhnya. Jika pandangan ini diterima, kelima ayat pertama dari keseratus empat puluh empat ribu ayat ini akan menyatakan betapa berharganya pembebasan dari hukum masa lalu. 'Re 14:1-5'
Ayat 6 dan 7, akan menunjukkan pada terbukanya seluruh dunia pada
penginjilan.
'Re 14:6,7'
'Re 14:8-11'
Ayat 12, 13, berbahagialah orang yang mati di dalam Tuhan.
'Re 14:12,13'
Penglihatan IX. Sebagian terselubung.
Tuaian anggur
'Re 14:16-20'
Penglihatan X. Sebagian terselubung.
Pasal 15.
Penglihatan XIII.
Penglihatan XIV. Sebagian terselubung.
Pasal 20.
Penglihatan XV.
Pasal 21-22
Sorga dan bumi yang baru
Kota suci, lambang gereja, istri Anak Domba
'Re 21:1 - 22:1'
Pasal 21. Ciri-cirinya.
Turun dari sorga
'Re 21:2'
bercahaya
'Re 21:11'
Terpisah dan terlindung
'Re 21:12'
dapat dimasuki
'Re 21:13'
fondasi/dasar yang pasti
'Re 21:14'
tak berubah
'Re 21:16'
dihiasi dengan indah
'Re 21:18-21'
mempunyai sebuat Bait Suci rohani
'Re 21:22'
diilhami secara ilahi
'Re 21:23-25'
dimuliakan
'Re 21:26'
tidak tercemar
'Re 21:27'
Sungai air kehidupan
'Re 22:1'
pohon kehidupan
'Re 22:2'
tidak ada lagi laknat/kutukan/hukuman
'Re 22:3'
melihat wajah Allah dan namaNya tertulis pada orang-orang kudus
'Re 22:4'
hari yang kekal dan kekuasaan orang-orang kudus
'Re 22:5'
Pengajaran terakhir, tepat dan benar
'Re 22:6'
menekankan pada cepatnya kedatangan Tuhan
'Re 22:7'
Hanya Allah saja yang harus disembah
'Re 22:8,9'
karakter/watak akan cenderung tetap sama sampai akhir
'Re 22:11'
janji terakhir
'Re 22:14'
undangan terakhir
'Re 22:17'
peringatan terakhir
'Re 22:18,19'
Salam dan doa
'Re 22:21'