Penulis : Ezra (?)
Tema : Sejarah "Penebusan" Israel
Tanggal Penulisan: 450-420 SM
Latar Belakang
Sejarah yang tercatat dalam 1 dan 2 Tawarikh bersifat pra-pembuangan; akan
tetapi, asal-usul dan sudut pandangan kitab-kitab ini bersifat
pasca-pembuangan -- ditulis pada parohan kedua abad ke-5 SM, suatu waktu
sesudah Ezra dan sejumlah besar orang Yahudi buangan dari Babel dan Persia
kembali ke Palestina (457 SM). Penyerbuan dan pembinasaan Yerusalem oleh
Raja Nebukadnezar (605-586 SM) bersama dengan pembuangan di Babel selama 70
tahun telah menghancurkan sebagian besar pengharapan dan cita-cita orang
Yahudi sebagai umat perjanjian; oleh karena itu, para buangan yang kembali
ke Yerusalem untuk membangun kembali kota itu dan Bait Suci memerlukan
landasan rohani, yaitu: sebuah jati-diri dengan sejarah penebusan yang
lampau dan suatu pemahaman tentang sifat iman mereka kini dan harapan mereka
akan masa depan sebagai umat perjanjian. 1 dan 2 Tawarikh ditulis untuk
memenuhi kebutuhan ini.
Kedua kitab Tawarikh, Ezra, dan Nehemia, semua ditulis untuk orang Yahudi yang kembali ke Palestina dari pembuangan. Kitab-kitab ini sangat mirip satu dengan lainnya dalam gaya, bahasa, sudut pandang, dan maksud. Para sarjana pada umumnya beranggapan bahwa semua kitab ini adalah hasil karya satu orang penulis atau penyusun, yang menurut Talmud dan ahli kitab Yahudi dan Kristen yang paling kuno, adalah Ezra, imam dan ahli Taurat. Karena 1 dan 2 Tawarikh ditulis dari perspektif seorang imam dan mungkin juga pada masa hidup Ezra, dan karena ayat-ayat penutup 2 Tawarikh ('1Taw 36:22-23') diulang kembali dalam 'Ezr 1:1-3', tradisi Talmud bahwa Ezra adalah "penulisnya" dikuatkan.
Penulis mencari keterangan dari banyak sumber tertulis ketika menulis kitab Tawarikh ini, termasuk beberapa kitab PL dan catatan non-kanonik mengenai para raja dan nabi (lih. '1Taw 29:29'; '2Taw 9:29'; '2Taw 12:15'; '2Taw 20:34'; '2Taw 32:32'). Menurut kitab Apokrifa, 2 Makabe (2:13-15), Nehemia, selama menjadi gubernur, mendirikan sebuah perpustakaan di Yerusalem yang berisi banyak dokumen dari para raja dan nabi. Selaku pemimpin rohani, Ezra diberi hak untuk memakai semua dokumen yang tersedia dalam menyusun Tawarikh. Pandangan ini merupakan tradisi kuno dan mungkin menggambarkan dengan tepat cara Roh Kudus menuntun dan mengilhamkan penyusunan kedua kitab ini.
Tujuan
Tawarikh ditulis untuk menghubungkan orang-orang Yahudi buangan yang kembali
dengan nenek moyang dan sejarah penebusan mereka. Dengan demikian, Tawarikh
menggarisbawahi tiga pokok;
Survai
Sekalipun asal-usul dan sudut pandangan 1 dan 2 Tawarikh itu bersifat
pasca-pembuangan, kitab ini berisi pandangan sekilas sejarah PL dari
Adam hingga ketetapan Koresy (sekitar 538 SM), ketika orang Yahudi
diizinkan kembali ke negara mereka dari tempat pembuangan di Babel dan
Persia. 1 Tawarikh disusun sekitar dua pokok pembahasan: sejarah
keturunan Israel (pasal 1-9; '1Taw 1:1-9:44') dan masa pemerintahan
Raja Daud (pasal 10-29; '1Taw 10:1-29:30').
1 Tawarikh berbeda dengan 2 Samuel karena tidak menyebut dosa-dosa Daud yaitu perzinaan dan pembunuhan serta akibat-akibat tragis yang mengikutinya. Sebagai gantinya, 1 Tawarikh menyisipkan apa yang tidak disajikan 2 Samuel: persiapan Daud yang rajin dan teliti untuk pembangunan bait suci dan penetapan penyembahan Tuhan Allah. Di bawah pimpinan Roh Kudus, hal-hal yang tak dicantumkan dan yang ditambahkan dalam kitab ini direncanakan untuk memenuhi kebutuhan umat Allah dalam masyarakat pasca-pembuangan.
Ciri-ciri Khas
Lima ciri utama menandai 1 Tawarikh.
Keandalan Sejarah Tawarikh
Para pengritik yang tidak bertanggung jawab memandang Tawarikh sebagai sejarah isapan jempol atau yang diputarbalikkan, yang pada umumnya kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan Samuel dan Raja-Raja. Harus diakui bahwa Tawarikh merupakan sejarah yang sangat selektif; akan tetapi, tidak benar bahwa itu isapan jempol atau tidak dapat diandalkan. Memang benar Tawarikh menekankan sisi terang sejarah Yahudi; tidak benar bahwa kegagalan-kegagalannya disangkal (mis. '1Taw 21:30'). Ketika tidak mencantumkan sejarah yang dicatat oleh Samuel dan Raja-Raja, penulis Tawarikh menganggap bahwa para pembacanya mempunyai pengetahuan tentang kedua kitab ini. Hukuman-hukuman kenabian dari Samuel dan Raja-Raja, serta pengharapan-pengharapan keimaman dari Tawarikh, keduanya benar dan sangat diperlukan. Banyak pernyataan sejarah yang hanya terdapat dalam 1 Tawarikh telah terbukti dapat diandalkan oleh penemuan-penemuan arkeologis; tidak ada yang tidak dapat dipertahankan. Juga, keahlian yang teliti telah memberikan penjelasan-penjelasan yang dapat diterima mengenai masalah angka-angka yang besar dalam Tawarikh. Tawarikh berdiri sebagai bagian penting yang dapat diandalkan dari keseluruhan catatan perjanjian yang lama yang diilhamkan oleh Allah.
Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan